Tes

Sabtu, 27 Agustus 2016

Rapat Kerja Madrasah Istiqlal Jakarta Tahun Pelajaran 2016-2017 (Selasa, 21 Juni 2016 s/d Sabtu, 25 Juni 2016)



Pembukaan Raker Madrasah Istiqlal, Selasa, 21 Juni 2016




        Menyambut Bulan Ramadhan tahun ini sepertinya banyak sekali agenda yang musti dijalani, ya salah satunya adalah mengikuti acara pembukaan raker yang digawangi oleh Yayasan Istiqlal Indonesia. Maklumlah yahh pengurusnya masih baruuu jadi segalanya menjadi sangatt menarik bahkan pertemuan dengan sesama keluarga besar Madrasah dan BPPMI menjadi jamuan yang sangat istimewa.
       Bertindak sebagai pembaca quran kali ini adalah Bu Evi dari MA Istiqlal, aku saja masih merasa tidak nyaman hati dengan peristiwa kemarin tapi Bu Evi bahkan masih  mempercayaiku untuk minta diajarkan maqro kemarin sore, satu hari sebelum acara dan hari ini beliau lulus ujian tugas dengan sempurna, Alhamdulillah disatu sisi aku juga bahagia karena bisa memberi manfaat untuk orang lain tentunya saling membantu mensukseskan disetiap amanah yang diberikan.
       Rapat kerja tahun ini mengambil tema :    
“Dengan Rapat Kerja Tahun 2016 Kita Sukseskan Brand Madrasah Istiqlal Jakarta”
Sains, Al-Qur’an dan Bahasa
       Bapak H. Rusli Effendi, S.Pd.I, SE, M.Si  sebagai ketua umum Yayasan Istiqlal Indonesia memberikan sambutan sekaligus membuka secara resmi rapat kerja Madrasah Istiqlal Jakarta. Nuansa biru laut memenuhi ruangan auditorium Madrasah. Kamipun tenggelam dalam kata-kata yang dalam dan jauhhh dari pak ketua umum. Hihi
       Tetap semangattt !!!!

Rapat Kerja MI Istiqlal, Rabu-Jumat, 22-24 Juni 2016



       Fuhhhh…akhirnya bisa pake baju bebas juga, haha..
       Kembali ke Madrasah Ibtidaiyah Istiqlal, dalam tiga hari ini kami menjalani rapat kerja seputar MI Istiqlal di rumah kami sendiri, ^0^
       Hari pertama adalah evaluasi kegiatan belajar mengajar dalam satu tahun ini, hari kedua adalah pengumuman tugas yang akan dijalankan oleh masing-masing guru dan hal ini yang setiap tahun aku takuti, hemm…
       Berbagai macam penerawangan yang bergelayutan difikiran teman-teman, entahlah… aku sendiri tidak lebih takut daripada teman guru yang mungkin ditempatkan menjadi walikelas VI, karena baginya tugas ini begitu beratt… benar saja. Aku tahun ini ditempatkan menjadi  guru bidang studi Fiqih untuk kelas I sampai dengan VI, sementara itu Nissa lah yang mendapat tugas walikelas VI bersama dengan Pak Amin.
       Hanya ucapan Basmallah mengiringi jejak langkah kami…
       Semoga kami semua dapat menjalani amanah ini dengan sebaik mungkin. Aamiin




       Hari ketiga,,, lagi-lagi kami harus mendengarkan presentasi Kepala Madrasah untuk program MI tahun depan sekaligus sedikit materi kurikulum 2013 yang sudah kami jalani selama dua tahun ini.



       Presentasi ini bukan tidak berjalan dengan lancar tetapi kebersamaan kekeluargaan kami lebih menarik dari materi yang disampaikan Pak Alwi, Upzz…hihi. pandanganku beralih focus ke Luthfi, Farah dan terlebih Rafi, mereka adalah anak-anak guru yang kebetulan diajak ke Madrasah dan bergabung bersama kami. Mereka asik dengan dunianya, mereka seru dan bahagia bermain dalam situasi serius untuk orang dewasa. Ahh indahnya…   



Rapat Paripurna dan Penutupan, Sabtu, 25 Juni 2016
     Pagi yang menyejukkan sekaligus penuh dengan ranjau yang harus segera aku lewati dengan sempurna. Hari ini aku mendapat amanah lagi untuk membaca qur’an dalam acara rapat paripurna dan penutupan raker Madrasah Istiqlal di auditorium Madrasah yang dihadiri oleh jajaran pengurus Yayasan Istiqlal Indonesia dan seluruh dewan guru dari satuan KB/RA, MI, MTs dan MA Istiqlal Jakarta.
       Ruangan ini telah penuh dengan nuansa hijau, aku duduk di depan untuk bersiap membaca Al-Qur’an. Ya Tuhan mohon kelancaran hamba dalam melantunkan ayat-ayatMu…
       Ridha Allah ada dalam kesempatan pagi ini. Alhamdulillah aku dapat menyampaikan ayat-ayatMu dengan baik, syukron Umi Rien yang kemarin sempat aku minta untuk mengevaluasi bacaanku.


       Kembali ke acara. Hari ini merupakan hari para kepala Madrasah dari satuan pendidikan masing-masing, mulai dari kepala KB/RA, MI, MTs dan MA. Mereka memiliki tugas untuk menyampaikan presentasi program tahunan di hadapan para pimpinan Yayasan Istiqlal Indonesia, dan betapa aku merasa sangatt bahagia saat dari semua kepala Madrasah mengungkapkan bahwa mereka merasa grogi, nervous dan berbeda rasa saat tampil di depan. Ahhhh….akhirnyaaaa mereka merasakan apa yang aku rasakan beberapa hari kemarin saat tampil di depan ketua BPPMI dan pimpinan Yayasan. Ya Allah… berikanlah kami kemudahan disegala tanggung jawab. Aamiin


       Special moment pula pada hari ini karena atas nama Yayasan Istiqlal Indonesia memberikan penghargaan kepada para pegawai Madrasah yang sudah mengabdi di Madrasah Istiqlal selama lebih dari 10 tahun, dan yang paling terlama adalah Bu Mila sudah 16 tahun mengabdi. Wahh selamat ya Bu Mila, ada juga Miss Ira yang sudah mengabdi selama 13 tahun. Terlebih moment perpisahan Ibu kami semua yaitu Ibu Hj. Halimah Sirwendo yang akrab dipanggil Ibu Sir, beliau telah mengabdi di Madrasah Istiqlal selama 16 tahun dan bisa dikatakan bahwa beliau juga penggagas berdirinya Madrasah Istiqlal bersama Bu Nibras.
       Beliau adalah pemegang amanah menjadi bendahara Madrasah yang sangat jujur dan bersahaja dan yang lebih mengesankan lagi adalah  beliau seorang istri dari suami yang sangat setia. Subhanallah… seringkali kami melihat pemandangan dua sejoli ini pergi dan pulang dari Istiqlal selalu bersama.
       Semoga pengabdian Ibu menjadi amal baikmu selama di dunia hingga di Akhirat. Aamiin…
       Salam hangat dari kami semua….




Buka Puasa Keluarga Besar Madrasah Istiqlal Jakarta, Sabtu, 25 Juni 2016
     Berita duka cita datang dari rekan kami, mertua Bu Yuli (Guru MI Istiqlal) meninggal pada hari ini, akhirnya beberapa dari kami bergegas untuk melayat kerumah duka, aku termasuk di dalamnya, siang ba’da selesai acara rapat paripurna kami berangkat ke lokasi dengan menggunakan mobil Madrasah. 


       Suasana duka jelas terpancar dari wajah Bu Yuli dan keluarga, kami sempat menunggu Pa Nasrul yang menjadi Imam dalam sholat jenazah. Alhamdulillah lepas Ashar kami bergerak menuju Madrasah lagi untuk mengikuti acara Buka Puasa Bersama, namun kami harus bersabar karena situasi jalan yang cukup padat, beruntungnya aku tidak mendapat tugas acara untuk buka puasa bersama ini, jadi kami bisa dengan santai tiba di Madrasah, benar saja sekitar jam lima sore kami baru tiba di Madrasah, lantas kami bergegas mengganti pakaian yang sejak tadi pagi sudah menempel di badan dengan baju yang baru. Ahhh… segarnya, sedikit lebih nyaman meskipun kami harus gesit untuk bisa tetap mengikuti acaranya.
       Alhamdulillah bisa sampai di Auditorium acara dengan waktu yang passs…
       Beduk Maghrib pun tiba, kami bersuka cita untuk berbuka puasa di Bulan Ramadhan ini dengan menu yang cukup menggugah. 


       Alhamdulillah…akhirnya rangkaian acara bisa berjalan dengan baikk…
       Selamat berlibur teman-teman
       Selamat berlebaran…. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar