Tes

Selasa, 16 Mei 2017

Peringatan Hari Guru Nasional // Istiqlal Cup 2016 // Upacara Hari Guru Nasional // Persembahan Bagimu Guru // Madrasah Istiqlal Jakarta



Pagiku indahh...
Menyambut sabtu ini bahagia bangett...secara hari ini ada kegiatan Istiqlal Cup 2016 dalam rangka menyambut peringatan Hari Guru dan setelah itu aku akan menghadiri acara resepsi pernikahan Levi dan Diana, mereka sahabat PMII Jakarta Selatan bersama dengan Astrit. Yeayy
Selalu yang terbayang dibenakku adalah rasa bugar dan segar setiap kegiatan Istiqlal Cup ini. nyatanya benar kami seluruh pegawai dan guru di Madrasah Istiqlal Jakarta diajak untuk membakar kalori pagi-pagi dan yang berperan sebagai instruktur senamnya adalah Ibu kenny, seorang guru olahraga Mts Istiqlal yang sangat gesitt memimpin. Pokoknya kalo bu Kenny udah bergoyang yang lain pun tidak ada yang betah untuk diam terpaku. Hihi


Pada Istiqlal Cup tahun ini aku bergabung dengan Tim Merah, satu team dengan Rahma, Bu Nita, Rezif, Bu Gati dll, yang pasti anggotanya sangat menyenangkan meskipun tidak segila (heboh) team lain yang terlihat jelas kecuekan mereka saat tampil yel-yel kelompok. 





Perlombaan pagi ini diawali dengan penampilan yel-yel dari team masing-masing. Keseruan terjadi saat setiap team menampilkan kebolehannya di hadapan kami semua, kami tertawa lepas saat ada team yang tampil dengan sangat lucu dan heboh. Ahh luar biasanya kami ini (memuji diri sendiri) hihihi. Mungkin inilah waktunya kami mengungkapkan canda lepas sesama pegawai dan guru di Madrasah Istiqlal.


Setelah terhibur dengan penampilan yel-yel, kelompok muslimah langsung diarahkan untuk mengikuti lomba balap karung estafet. Yihaaaa,,,, sampe jejingkrakan dan sorak sorai menyemangati masing-masing team dan hasilnya team merah dapet juara 2.



 setelah lelah berlompat-lompat gaya Kangguru, kami melanjutkan permainan tarik tambang. Wihhh ternyata tenaga wanita juga kuat lohh yaa,,, dengan sekuat tenaga setiap team mempertahankan barisannya masing-masing. Dari 4 team muslimah yang terdiri dari team merah, hijau, kuning dan biru. Akhirnya team merah mendapat juara 1. horeeeee



Fuihhhhh....masih belum lelah sepertinya, kami melanjutkan permainan lagi, aku lupa menyebutnya dengan apa namun yang pasti permainan itu dilaksanakan bersama kelompok, estafet dan menggunakan air perasan dari busa. Team merah konsisten mendapat juara 2.


Hihi berlanjut ke perlombaan yang terakhir yaitu voli air, wahh ini salah satu lomba yang sangat seru dan menyenangkan sekali pada sesi ini, aku didaulat untuk ikut dalam pertandingan ini, mulanya kami cukup kesulitan saat ingin mengoper bola airnya, bahkan terkadang kelucuan pun hadir memecah tawa di lapangan olahraga itu. Babak pertama berhasil kami lewati dan kami berhak untuk ikut final, guys aku terpeleset saat berjalan mundur memperhatikan bola yang sedang terbang di udara. Hahaha. Selalu aja setiap moment ini jatuhh, tapi gapapa masih aman yang penting.
Final lomba voli air pun terjadi dengan penuh keriuhan suara ibu-ibu yang memecah suasana. Kami saling mempertahankan benteng team masing-masing dengan segala daya upaya. Hahaha lebay. Dan akhirnya meski gak jadi juara 1 tetapi runner up team merah kami tetap gembira riaaa....



Yeyeye....saatnya pembagian hadiah,, yang pasti semua team mendapat hadiah nya masing-masing. keseruan pun terjadi saat sang Juara Umum kali ini diraih oleh team biru. Mereka menggaungkan yel-yel nya yang sedikit menggelikan dan kocak. Hihihi



Alhamdulillah menjelang Zuhur kegiatan lomba Istiqlal Cup 2016 selesai, bajuku terasa sangat basah karena keringat. Setelah pembagian hadiah di Madrasah aq aku bersegera untuk mandi dan bersiap-siap janjian dengan Bu Rahma untuk pulang bareng naik kereta menuju Depok.


Segala Puji bagi Allah. Segalanya dimudahkan...
Terimakasih Ya Allah...
Saturday, November 26th 2016

---------------------------------------------------------------------------

Upacara Hari Guru Nasional dan Persembahan untuk Guru Madrasah Istiqlal Jakarta
       Selamat Hari Guru Nasional 2016
       Untuk Bapak Ibu Guru di mana saja kalian berada yang telah mengabdikan ilmunya untuk mencerdaskan anak-anak Bangsa Indonesia. Semoga amal baktimu senantiasa mendapat ganjaran pahala yang berlipat ganda dari Allah SWT.
        Peringatan Hari Guru Nasional yang sejatinya tepat dilaksanakan pada hari jumat, 25 nov 2016 ini kami sambut dengan suka cita pada hari Senin, 28 November 2016 dengan Upacara Peringatan Hari Guru Nasional.
       Senin pagi yang indah...
       Untuk kedua kalinya aku mengenakan baju kebanggaan PGRI di moment spesial ini. Upacara yang dijadwalkan untuk dilaksanakan di Lapangan Olahraga Masjid Istiqlal kini bergeser ke halaman koridor Madrasah Aliyah Istiqlal karena cuaca di luar cukup mendung dan khawatir akan turun hujan. Suatu pekerjaan yang menguras tenaga karena tentunya para pegawai Madrasah yang bertugas dengan segala perangkat upacara harus dengan sigap memindahkan semuanya yang dibutuhkan. 













       Alhamdulillah tidak mengambil waktu terlalu lama, kamipun dengan khusyuk dan khidmat memulai upacara ini. Pembina upacara kali ini diperankan oleh Bapak Drs. H. Muhammad Shohib Tahar, MA selaku Ketua Yayasan Istiqlal Indonesia. Beliau menyampaikan pidatonya dengan teratur dan tak lupa sedikit menyampaikan pesan pidato dari Menteri Pendidikan dan Kebudayaan pada Upacara Hari Guru Nasional

PIDATO MENTERI PENDIDIKAN KEBUDAYAAN REPUBLIK INDONESIA
Pada Upacara Hari Guru Nasional, 25 November 
Assalamu’alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh
Salam Sejahtera,

Ibu dan Bapak Guru, Para Pamong dan Tenaga Kependidikan yang saya hormati,

Puji syukur senantiasa kita panjatkan ke hadirat Tuhan Yang Maha Esa, yang telah mentakdirkan kita sebagai hamba pengabdi di dunia pendidikan, atas segala limpahan rahmat dan karunia-Nya kepada kita, sehingga kita masih bisa menjalankan pengabdian di dunia pendidikan dengan baik.

Perkenankan saya atas nama pribadi dan pemerintah, menyampaikan ucapan terima kasih dan penghargaan setinggi-tingginya atas dedikasi, komitmen, dan segala ikhtiar yang telah dilakukan oleh para guru, pamong dan tenaga kependidikan dalam mencerdaskan kehidupan bangsa. Dalam kesempatan ini pula, saya ucapkan selamat memperingati Hari Guru Nasional tahun ini.
Guru memiliki peran yang amat mulia dan amat strategis. Berbanggalah menjadi seorang guru. Sebab di tangan para Guru, Pamong, dan Tenaga Kependidikan, masa depan bangsa kita menjadi taruhan. Melalui anak-anak peserta didik di sekolah, di sanggar-sanggar belajar, kita akan menentukan masa depan bangsa. Tidak ada sosok sukses yang tidak melewati sentuhan seorang guru. Kita bisa berdiri tegak saat ini juga karena pernah ditempa oleh para guru.

Sejak ditetapkan Undang-Undang Nomor 14 Tahun 2005, tentang Guru dan Dosen, maka secara resmi guru dinyatakan sebagai pekerja profesional. Namun demikian bukan berarti sebelum itu para guru bekerja secara tidak profesional. Harus diakui bahwa hingga kini profesionalisme guru di Indonesia masih belum memenuhi harapan. Masih diperlukan upaya-upaya yang lebih keras agar pekerjaan guru di Negara kita betul-betul sebagai pekerjaan professional di masa yang akandatang.

Pemerintah selama ini telah mengupayakan banyak hal agar para guru semakin profesional. Namun upaya itu akan sia-sia belaka tanpa keinginan keras dari pihak guru itu sendiri.

Ibu dan Bapak Guru yang saya hormati,

Pemerintah telah bertekad meningkatkan kesejahteraan guru melalui pemberian tunjangan profesi dan tunjangan khusus bagi guru yang sudah bersertifikat pendidik. Saya berharap hal ini berimplikasi nyata bagi perbaikan kompetensi dan kinerja guru, dibuktikan dengan peningkatan mutu proses dan hasil belajar siswa. Kedepan perlu segera dirumuskan kebijakan, agar sebagian tunjangan profesi guru bisa diinvestasikan bagi peningkatan kinerja guru melalui program pelatihan dan usaha guru belajar mandiri.

Profesionalisme guru, khususnya berkaitan dengan pengembangan keprofesian dan karirnya makin terus ditumbuhkembangkan. Beberapa kebijakan strategis untuk membentuk guru yang profesional, sejahtera, bermartabat, dan terlindungi sedang dan akan terus dilakukan oleh pemerintah di semua tingkatan. Peningkatan profesionalisme guru menjadi salah satu dari lima agenda utama pembangunan pendidikan nasional.

Demikianlah yang bisa saya sampaikan. Selamat berhari Guru, harinya orang-orang mulia yang menyiapkan generasi masa depan yang lebih cemerlang. Insya-Allah kita semua akan dimuliakan oleh Yang Maha Mulia. Jadilah guru berkemajuan. Ayo hormati guru!

Terima kasih,
Wassalamu’alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh

            Jakarta, 25 November 2016
Menteri Pendidikan dan Kebudayaan 
Tertanda. 

Prof. Dr. Muhadjir Effendy, MAP


Setelah sambutan, susunan acara berlanjut dengan pembacaan surat keputusan tentang guru teladan tahun 2016. Hal ini menjadi moment yang sangat menegangkan bagi kami para guru dan pegawai di Madrasah Istiqlal karena boleh jadi penghargaan ini merupakan bukti penghargaan dari Madrasah Istiqlal atas prestasi kerja yang dilaksanakan oleh setiap guru dan pegawai Madrasah.
Ketegangan pun terjadi di barisan para guru, kami saling menunjuk dan bercanda dengan pengumuman ini tanpa terkecuali aku. Betapa kagetnya aku saat namaku disebut sebagai guru teladan di MI Istiqlal tahun 2016 ini. aku terkejut temannn.... 











Ketegangan berubah menjadi keriuhan yang bergema di halaman koridor MA Istiqlal. Aku tidak pernah menyangka bahwa penghargaan ini akan aku dapatkan setelah tahun kelima mengabdi di MI Istiqlal. Sungguh merupakan kebahagiaan karena berkesempatan mendapat gelar ini, keharuan karena Madrasah telah mempercayaiku untuk mengemban amanah ini dan ucapan syukur kepada Allah SWT yang teramat sangat karena telah memberi nikmat yang luar biasa.
Atas penghargaan ini maka aku berhak untuk mendapatkan piagam penghargaan dan reward berupa uang sebesar gaji pokok satu bulan. Alhamdulillah wasyukurillah. Semoga memberi keberkahan untuk segalanya. Aamiin.
Bersyukur pula karena di tahun ini aq resmi menjadi pegawai tetap Madrasah Istiqlal Jakarta. perjuangan kurang lebih lima tahun yang penuh dengan suka dan duka. hihihi

 

Dan akhirnya, selesailah upacara peringatan hari guru nasional 2016






 


Kebahagiaan kami tidak habis sampai di sini, kami guru-guru MI Istiqlal digiring oleh wali murid menuju Madrasah yang disambut dengan pemberian bunga Mawar dan penampilan Drum Band anak-anak MI Istiqlal lalu kami dipersilakan masuk ke ruang kelas yang sudah disulap seperti Café pertunjukkan. Wow….




Acara yang didesign oleh komite MI Istiqlal ini berjalan sangat khidmat, sederhana, dan seru. Diawali dengan pembukaan oleh MC dari anak-anak kemudian pembacaan Kalam Ilahi dilanjutkan dengan penampilan paduan suara yang menyanyikan lagu guruku tersayang dari anak-anak kelas dua lalu penampilan tari betawi dari anak-anak kelas satu yang sangat menggemaskan, kemudian pencak silat perwakilan dari ekstrakurikuler silat tentunya Kimi tampil pula sang pemenang juara dua pencak silat SD/MI tingkat Nasional kemarin bersama Abu dan Rizki. Kemudian menyanyikan lagu dan puisi dengan iringan keyboard yang begitu menarik perhatian kami, dilanjutkan dengan pemotongan kue oleh Bu Yulisa, sedikit sambutan dari pihak Yayasan Istiqlal Indonesia dan terakhir adalah tayangan video ucapan Selamat Hari Guru dari anak-anak yang ditayangkan melalui slide show, setelah itu ramah tamah… yummy….































Kebahagiaan kami tidak berhenti sampai di sini karena setelah sejenak beristirahat di dalam kelas sambil menerima ucapan selamat dari anak-anak dan orang tua yang masuk ke ruang guru untuk memberikan sekedar bingkisan kepada kami semua. 










Kami berkumpul di koridor untuk mengikuti acara lomba menghias buah atau sayur khusus untuk guru yang diselenggarakan oleh penanggungjawab bulanan dengan dewan juri oleh Komite MI Istiqlal. Keseruan pun terjadi,,, sebelumnya Bu Yulisa menyampaikan sambutan setelah itu tampilan video guru-guru yang kami tonton bersama. Serunya… selamat ya Rahma, akhirnya video yang kamu buat semaleman bisa tayang dengan sempurna. Hahaha. Selanjutnya guru-guru semua kebagian untuk ikut lomba menghias sayuran dan akhirnya pemenangnya jatuh kepada Ibu Yulisa, Ibu Leyli dan Ibu Woro. Selamattt yaaa….


















Istimewa banget hari ini, meski acaranya tidak tepat pada harinya namun itu tidak menghalangi kebahagiaan kami, doanya semoga kami senantiasa menjadi guru yang bisa meneladani murid kami dengan akhlak yang baik dan bisa mendidik serta mengajarkan ilmu kepada anak didik kami dan memperoleh keberkahan dunia dan akhirat. Aamiin Ya Allah…




SELAMAT HARI GURU 2016

Monday, November 28th  2016

Tidak ada komentar:

Posting Komentar