Tes

Senin, 14 November 2016

Refleksi Manasik Haji // Madrasah Istiqlal 2016 // Yayasan Istiqlal Indonesia




Tahun kelima di Madrasah Istiqlal adalah masa yang cukup untuk berfikir lebih dewasa, bertambah pengalaman dan keilmuannya. InsyaAllah
Pada kegiatan rutinitas tahunan ini aku berperan sebagai Penanggung Jawab kegiatan tiga bulanan bersama dengan Pak Edhi, Bu Yulisa, Bu Izzul dan Bu Mila. Beruntung kegiatan Manasik Haji tahun ini diselenggarakan secara bersama oleh seluruh satuan pendidikan di lingkungan Madrasah Istiqlal. Sehingga kami para PJ bulanan tinggal mempersiapkan secara teknis segala kebutuhan di MI Istiqlal.
Satu minggu sebelum kegiatan dilaksanakan, kami para dewan guru dan seluruh pegawai yang tergabung dalam kepanitiaan Manasik Haji melaksanakan gladi bersih di lokasi yang telah ditentukan yaitu Plaza Masjid Istiqlal.






Kemudian untuk mempersiapkan peserta didik dalam kegiatan Manasik Haji, maka kamipun melaksanakan kegiatan gladi bersih dan pembuatan batu jumroh dari kertas koran yang dilaksanakan pada jam ekstrakurikuler pramuka.

Sabtu pagi yang indah…
Lantunan talbiyah pun menggema di berbagai sudut lorong koridor Madrasah Istiqlal yang disaksikan oleh para wali peserta didik yang berbaris rapi di luar gerbang.


Labbaik Allahumma Labbaik…
Ya Allah…kami penuhi panggilanMu, kakak Aliyah menjadi kloter pertama dalam perjalanan Manasik Haji ini dan yang terakhir adalah kloter dari peserta didik KB RA. Kami semua berkumpul untuk wukuf di padang Arafah. Sambil terus membaca talbiyah, kami semua hanyut dalam kebersamaan manasik hingga terik matahari menyapa.



Acara pembukaanpun dilaksanakan. Bapak H. Sodikin, M.Pd sebagai Direktur Madrasah Istiqlal memberi sambutan yang pertama lalu dilanjutkan oleh Ketua Yayasan Istiqlal Indonesia yaitu Bapak H. Rusli Effendi, S.Pd. SE. M.Si. Acara ini juga dihadiri oleh jajaran pengurus Yayasan Istiqlal Indonesia, perwakilan pengurus BPPMI Istiqlal dan pengawas Madrasah di wilayah Jakarta Pusat.

                                               Bapak Sodikin (Direktur Madrasah Istiqlal)

                              Bapak Rusli Effendi (Ketua Umum Yayasan Istiqlal Indonesia)




Rangkaian Manasik Haji dimulai. Sebagai kloter yang berjalan pertama adalah kloter dari adik-adik KB-RA dilanjutkan dengan MI lalu MTs dan terakhir Kakak MA.










Indahnyaa melihat Ka’bah yang tak henti-hentinya dikelilingi oleh para jamaah Manasik Haji, mungkin seperti itu pula gambaran  Ka’bah yang sebenarnya ketika poros dunia tak henti-hentinya dikelilingi oleh umat Islam yang melaksanakan Haji. Semoga kita yang belum pernah berhaji senantiasa segera diberi kesempatan untuk berhaji di tanah suci Makkah AlMukarromah. Aamiin Ya Rabb












Sekitar pukul 10.00 WIB kegiatan selesai. Alhamdulillah bisa menyelesaikan ini dengan baik,
Hari Sabtu adalah hari istimewa…
Selesai dengan tugas di sekolah…
Cuzzz pulang ke rumah dehhh, udah kangenn banget rasanya sama dinding rumah. hehehe

Saturday, September 10th 2016

Tidak ada komentar:

Posting Komentar