Tes

Jumat, 25 April 2014

Kunjungan Tematik Museum Layang-layang by MI Istiqlal


Kuambil buluh sebatang
Kupotong sama panjang
Kuraut dan kuikat dengan benang
Kujadikan layang-layang
Bermain berlari
Bermain layang-layang
Berlari kubawa ke tanah lapang
Hatiku riang dan senang


                Lagu layang-layang di atas menjadi semangat pembuka perjalanan kunjungan tematik kami. Selasa, 01 April 2014 yang lalu, kami peserta didik part 1 untuk kelas 1, 2 dan 3 beserta para gurunya berkunjung ke Museum Layang-layang Indonesia yang terletak di wilayah Jakarta Selatan.
                Tibalah kami di lokasi Museum Layang-layang, kami disambut oleh gerbang pintu yang terbuat dari kayu, artistik dan unik menurutku, budaya Indonesia nya terasa sekali. Next guide dari pihak Museum sudah siapp untuk mengajak teman-teman berkeliling melihat keindahan Budaya Indonesia.
                Pertama kami diperlihatkan sebuah film documenter mengenai sepak terjang seni layang-layang khususnya di wilayah Indonesia… Menakjubkan !!! next kami menuju ruangan yang di dalamnya terdapat karya nyata layang-layang tersebut yang tadi kami lihat di film tersebut… Woow…kereenn lohh!!   Benar-benar big ukurannya, unik modelnya, pokoknya kerennn.. selain itu kami bisa melihat layang-layang yang juga berasal dari luar Negeri, tanda penghargaannya pun terpajang di sana.
                Melihat itu semua aq jadi berfikir, sangat berbeda sekali dengan kebiasaan anak-anak pinggiran Jakarta khususnya, yang jika musimnya permainan layang-layang. Kekhawatiran yang ada yaitu jika si anak mengejar layangan putus lalu hal-hal yang tidak diinginkan terjadi ! haduhh itulah fikiran yang terbentuk dari realita yang ada. Seandainya seni bermain layang-layang itu tidak hanya terlihat dari kekhawatiran yang terbentuk ya, pastii sangat menyenangkan. Ada satu hal yang mungkin jadi jawaban untuk kepuasan anak-anak dalam bermain layang-layang yaitu tempat. Yupzz secara di Jakarta apalagi masyarakat pinggiran Jakarta sedikit tempat yang lapang untuk sekedar tempat bermain anak-anak khususnya layang-layang.
                Kembali lagi ke kegiatan teman-teman… after that, teman-teman diajak untuk membuat layang-layang dengan cara memberi warna pada kertas yang sudah disediakan oleh pihak Museum, lalu setelah itu pihak Museum menyempurnakan kertas layang-layang yang telah diwarnai tadi dengan benang supaya bisa dimainkan. Layang-layang tersebut menjadi cinderamata teman-teman, dan sejurus kemudian setelah kami kembali ke Madrasah, koridor Madrasah menjadi ramai bagaikan lapangan tempat bermain layang-layang.
                Alhamdulillah…. Menyenangkan ^_^
                Buat kamu yang ingin berkunjung ke Museum layang-layang. Nih alamatnya :


Museum Layang Layang


Kelurahan Pondok Labu, Cilandak
Jakarta Selatan 12450





Tidak ada komentar:

Posting Komentar