Tes

Minggu, 01 Februari 2015

Kirab Syiar Maulid Masjid Istiqlal 1436 H / 2015 M


Tahun ini berbeda dari tahun yang lalu karena acara Kirab Syi’ar Maulidnya diletakkan di awal. Acara yang terselenggara setiap tahunnya ini berjalan atas kerjasama antara Kementerian Agama Provinsi DKI Jakarta dengan Badan Pelaksana Pengelola Masjid Istiqlal (BPPMI) dalam rangka Bulan Syi’ar Maulid.

Tak terkecuali Madrasah Istiqlal turut serta memeriahkan acara Kirab Syi’ar Maulid ini. Sebagai tuan rumah, kami rekan-rekan guru MI Istiqlal beserta peserta didik kelas III s/d V diberi tugas masing-masing untuk memeriahkan acara. Aq dan Pa Nasrul ditunjuk Kepala Madrasah Ibtidaiyah Istiqlal untuk mengatur tampilan kirab untuk guru agar tidak terlihat sepi, sedangkan peserta didik diminta untuk menampilkan drum band. Walhasil satu hari sebelum acara diselenggarakan, Aq dan Pa Nasrul mencari ide untuk penampilan guru, akhirnya setelah diskusi, tercetuslah ide penampilan, guru-guru akan memainkan alat musik macam-macam dari ketimpring hadroh, kentongan, galon air dan kecrekan yang terbuat dari beras yang dimasukkan ke dalam botol aqua. Hehehe dan nanti akan diiringi dengan bacaan sholawat bersama guru dan murid yang aq pimpin.

Dan pagi menjelang, setelah sarapan kamipun bersiap-siap. Tidak seperti tahun kemarin, tahun ini MI Istiqlal mendapat urutan barisan pertama. Hihihi. Lapangan Masjid di Pintu As-Salam pun sudah berubah menjadi barisan manusia yang berjejer apik dengan berbagai seragam yang berbeda-beda.




Mata kamipun tertuju dengan penampilan Marching Band Remaja Istiqlal yang begitu cantik, dilanjutkan dengan penampilan tari saman dari kakak MTs Istiqlal. Setelah itu peserta didik MTs Istiqlal bersama dengan Tim kebersihan Istiqlal dan Majlis Ta’lim Kaum Ibu Masjid Istiqlal tergabung dalam Vocal Grup untuk menyanyikan Indonesia Raya dan Mars Masjid Istiqlal. sambutan-sambutan jatuh pada acara berikutnya. 
                                                                    Marching Band Remaja Istiqlal
                                                                                               Vocal Grup

 Kami bersama dengan seluruh peserta didik dan Guru Madrasah Se DKI tekun mengikuti acara hingga akhir. Dan tibalah acara Kirab Maulid. Satu persatu kontingen dilepas dengan tepuk tangan meriah. Cuaca pagi inipun nampak cerah. Lucunya itu saat anak-anak begitu semangat memainkan drumband di depan para tamu lalu setelah baru sampai pintu gerbang keluar masjid, alat-alat drumband nya langsung dilepas dan diangkut dengan menggunakan alat pendorong yang memang sudah disiapkan oleh bagian umum Madrasah. Wahh…luar biasa dah. Hihihi. 




Lepas itu tugas aq pun berjalan, memimpin menyanyikan sholawat bersama anak-anak sambil berjalan menyusuri jalan Juanda sampai tiba kembali di Masjid Istiqlal. Fuihhh….ternyata ngos-ngosan juga yak.. Aq benar-benar gak bisa mengatur nafas dengan sempurna, beruntung Ka Rosta mau bergantian memimpin baca sholawatnya walaupun sebentar. 
Dan akhirnya kami sampai di Masjid Istiqlal kembali… Alhamdulillah amanahnya sudah terlaksana meski belum sempurna.


Sampai jumpa pada acara Kirab Syi’ar Maulid tahun depan. 
InsyaAllah…

                                                                                                                
Saturday, January, 10th 2015


















Tidak ada komentar:

Posting Komentar