Tes

Senin, 02 Februari 2015

Pelatihan Pendidikan Seksualitas dan Pubertas oleh Yayasan Kita dan Buah Hati



Tidak bisa qt pungkiri bahwa usia anak yang menginjak umur 10 tahun menjadi masa-masa penting pertumbuhan dan masa pubertas mereka, khususnya untuk anak perempuan yang akan mengalami yang namanya menstruasi. Sering aq menemukan siswi MI Istiqlal yang kebanyakan anak kelas VI, tiba-tiba mereka minta pembalut sambil malu-malu untuk mengutarakan bahkan ada rasa ketakutan yang terpancar. Aq jadi ingat rasa yang sama dulu ketika pertama kali menstruasi juga pada saat kelas VI MI. 

Hal ini menjadi penting untuk dikaji karena jika tidak bisa kita tangani atau arahkan secara benar maka pola pikir anakpun akan berbeda, pun tidak terlepas dengan kebutuhan pelatihan pendidikan seksualitas dan pubertas untuk siswa laki-lakinya khususnya kelas VI. Mengingat mereka mengalami perubahan dari segi tubuh dan sikap. Maka ini dipandang perlu. Ditambah lagi dengan kebutuhan informasi untuk siswa-siswi MI kelas I s/d V. kami berharap dengan informasi yang kami bisa dapatkan dari kakak-kakak dari Yayasan Kita dan Buah Hati yang dipimpin oleh Ibu Elly Risman ini, anak-anak jadi terbuka pengetahuannya mengenai pendidikan seksualitas dan pubertas sejak dini, sesuai dengan porsi dan kebutuhan informasi masing – masing usia.

Karena hal itulah terselenggara pelatihan pendidikan seksualitas dan pubertas yang diisi oleh kakak-kakak dari Yayasan Kita dan Buah Hati di Madrasah Ibtidaiyah Istiqlal. Pelatihan ini dibagi menjadi dua sesi, sesi pertama dilaksanakan pada hari Rabu, 21 Januari 2015 yang diperuntukkan untuk siswa/i dari kelas I s/d III dan sesi kedua dilaksanakan pada hari Kamis, 22 Januari 2015 yang diperuntukkan untuk siswa/I dari kelas IV s/d VI. 

Tentu isi materi yang disajikan berbeda sesuai kebutuhan, pelatihan inipun sifatnya rahasia. Satu kelas hanya diisi oleh 15 anak dengan 1 mentor, bahkan gurupun tidak diperkenankan masuk pada saat pelatihan. Tapi kami sebelumnya sudah diberitahu apa saja informasi yang akan didapat oleh anak-anak.

Semoga dengan pelatihan ini, anak-anak bertambah pengetahuannya, dan senantiasa bisa menyadari sikap yang terbaik yang harus dilakukan. Semoga selalu dalam lindungan Allah ya nak… dan tumbuh menjadi anak yang sholeh dan sholehah. Aamiin…
 
Terimakasih kami ucapkan untuk Yayasan Kita dan Buah Hati yang sudah bekerjasama dengan MI Istiqlal.
  


 Wednesday – Thursday, January, 21th – 22nd   2015

Tidak ada komentar:

Posting Komentar