Tes

Jumat, 30 Desember 2016

Visitasi Kurikulum 2013 // Litbang Kemenag RI // MI Istiqlal



Menjadi sekolah Madrasah Ibtidaiyah pertama di Jakarta Pusat yang menerapkan Kurikulum 2013 sejak tiga tahun yang lalu merupakan tanggung jawab yang sangat besar. Namun hal ini tidak menjadikan kami patah semangat dalam belajar untuk mendidik anak-anak bangsa.
Hal ini pula yang menjadi alasan mengapa balitbang kemenag RI memilih MI Istiqlal untuk penelitiannya, wabil khusus pada Kurikulum 2013 di bidang Pendidikan Agama Islam (PAI).
Kunjungan ini merupakan kunjungan kedua kalinya setelah tahun yang lalu. Aku bersama team dari jajaran guru bidang studi Pendidikan Agama Islam (PAI) di MI Istiqlal beberapa hari sebelumnya menggelar rapat kecil untuk persiapan perangkat pembelajaran yang nanti dibutuhkan saat visitasi.
Hari senin menjadi hari yang cukup sibuk untuk pimpinan MI Istiqlal yang akan menerima tamu dari guru-guru perwakilan 30 propinsi Se-Indonesia dibawah naungan balitbang kemenag RI dalam rangka visitasi kurikulum 2013 pada bidang studi Pendidikan Agama Islam (PAI) di MI Istiqlal.



Acara penerimaan tamu dan diskusi dilaksanakan di ruang aula 34 Masjid Istiqlal. Sementara kami team guru PAI sudah bersiap-siap di kelas masing-masing yang akan dikunjungi. 



Alhamdulillah…aku sudah menyiapkan semuanya, mulai dari perangkat pembelajaran dan metode pengajaran yang sudah direncanakan. Saat kunjungan berlangsung ada kurang lebih 10 guru yang masuk di kelas aku mengajar, mereka mengenakan kostum serba putih, mereka adalah Bapak dan Ibu guru dari propinsi yang tersebar di Indonesia, logat bicara dan wajahnya tak bisa dipungkiri bahwa mereka adalah para pahlawan yang jauh-jauh dari seberang sana.
Sedikit nervous saat tampil mengajar dan disaksikan para pengunjung, sejurus kemudian kamera pun menghiasi kelas kami. Kami mencoba menikmati kelas ini dan bahagianya adalah ketika anak-anak didik kami bisa diajak untuk bekerja sama dalam sesi ini, pada saat kunjungan kebetulan aku menjelaskan materi Fiqih tentang infaq dan shodaqoh.
Sepanjang kunjungan dikelas yang tidak lebih dari setengah jam ini, aku tidak melihat Bu Rahma sang photographer MI Istiqlal masuk ke kelas ku,,, ahhh sayangnya… maklumlah Rahma sibuk bolak-balik ke kelas yang lain dan saat mencari kelasku dia tidak tau.. hihihi
Well done…
Alhamdulillah visitasi kali ini berjalan dengan lancar…
Semoga menjadi pembelajaran buat kami semua dan bisa melaksanakan Kurikulum 2013 dengan lebih baik lagi.
Aamiin…

Monday, October 24th 2016

Tidak ada komentar:

Posting Komentar