Tes

Minggu, 08 Mei 2016

Outbound at Pelita Village Ciseeng, Bogor “Edu II” //By MI Istiqlal Jakarta



Let’s go to outbound gaesssss!!!
Jika di tahun yang lalu kami sudah bergembira ria dengan kegiatan Camp Ground di Bumi Perkemahan Cibubur, maka di tahun ini kami akan bersorak sorai untuk mengikuti kegiatan Outbound Edukatif II yang dilaksanakan di Pelita Desa Ciseeng, Bogor tepatnya di Jl. H. Miing RT.01/03 Rawa Bangsa Putat Nutug Ciseeng Bogor 16330.
Pada kesempatan tahun ini kami menggunakan fasilitas Outbound Edukatif II yang merupakan wahana outbound terbaru yang ditawarkan oleh Pelita Village. Tentu permainan yang disediakan pada outbound edu II ini lebih memacu adrenaline kami semua. Yang menarik adalah permainan Motor Cross dan Off Road yang difasilitasi untuk semua peserta, tentu ini menjadi pengalaman yang sangat seru bagi kami yang baru pertama kali naik mobil Off Road atau Motor Cross. Meskipun tidak sedikit juga anak-anak yang sudah pernah merasakan permainan tersebut.
Rabu pagi yang indahh, aku mendapat tugas mendampingi Bus Kelas V bersama dengan Nissa, Fia, Pak Nasrul dan Pak Awan. Bertindak sebagai ketua panita adalah Fia, karena tanggungjawabnya itulah Fia terlihat sibuk mengutak-ngatik tab nya untuk berkomunikasi dengan panitia yang berada di Bus lain. 
Bismillaahirrahmaanirrahiim….
Dengan menyebut nama Allah yang Maha Pengasih lagi Maha Penyayang.
Pak Nasrul dengan khusyuk membimbing teman-teman kelas V membaca doa sebelum keberangkatan. Sementara itu aku mencoba untuk menikmati hari bahagia ini meski merasa sedikit canggung dengan segala situasi yang telah terlewati kemarin, ini masih ada hubungannya dengan Pak Nasrul, mungkin ini menjadi moment penting bagi Pak Nasrul untuk bersikap baik kepadaku meskipun sebetulnya tidak ada yang perlu diklarifikasi lagi, semuanya baik-baik saja, yang telah terjadi hanyalah sebuah kesalahpahaman. Akupun jadi merasa lebih nyaman. Tentu sikap yang baik itu jadi bahan tawaan dan candaan Nissa, Fia dan Aku. Hehehe. Ternyata bersahabat itu sangat membahagiakan yahh.
                                                                        (Aku dan Fia)


Btw suasana di dalam Bus sangat menyenangkan, apalagi bersama dengan teman-teman kelas V. entah mengapa aku merasa dekat dan nyaman dengan anak-anak ini mungkin karena beberapa tahun yang lalu aku sempat menjadi wali kelas bagi mereka.
Setibanya di Pelita Village, kami berkumpul di sebuah lapangan dan diatur sedemikian rupa dengan hanya mengenakan kaos kaki. Kemudian masing-masing kelompok dipersilakan berjalan menuju lokasi Edu II bersama dengan instruktur dari Pelita Village.


Aku bersama dengan Barung Merah Muslim siap untuk bergembira pada outbound kali ini. Kami disambut dengan welcome drink yaitu segelas teh manis hangat dan jagung rebus. Setelah itu kami melakukan warming up bersama dengan seluruh instruktur dari Pelita Village lalu masing-masing kelompok dibagi menjadi beberapa team bersama dengan instruktur dari Pelita Village.



            (Welcome Drink: Selamat datang di Pelita Village Edu 2)




               (Warming Up: bersama Instruktur dan seluruh siswa) 


Nah…Aku tergabung bersama dengan kelompok yang dipandu oleh Bu Ida, Pa Nasrul dan Teteh. Pertama kali kami diperkenalkan dengan tanaman-tanaman obat yang tumbuh di lingkungan outbound edu II lalu kami menuju danau untuk mengikuti permainan Race Bridge yaitu melewati jembatan besi tanpa sanggahan. Aku dan guru-guru pendamping menjadi pelaku pertama permainan ini. Wahhh siap-siap dengan keseimbangannya yahh… dan hitungan pun dimulai, aku mulai berjalan dengan hati-hati meski terasa licin tapi aku berusaha untuk sampai ke garis batas diikuti oleh teamku yang berada tepat di belakangku. Hemmm sorak sorai terus berkumandang saat hanya aku guru yang tersisa masih tegak berdiri di atas jembatan besi, namun sayang pertahananku roboh, kakiku mulai tidak seimbang dan air yang menempel benar-benar mengganggu perjalananku hingga akhirnya akupun terjatuh ke danau bersama dengan teman-teman yang lain. Byurrrr…..basah seketika bahkan aku jatuh hampir mengenai Fathur (siswa kelas I) tapi Alhamdulillah tidak terjadi apa-apa. Wahhh permainan pertama yang mengasyikkan.

                                 (Our team)


                               (Race Bridge)

Kamipun berlanjut ke permainan yang kedua yaitu V Bridge  yaitu melewati jembatan dengan sanggahan di kanan dan kiri menyerupai bentuk huruf “V”. lagi-lagi kami terjatuh karena goyangan-goyangan yang sangat elastis dan akupun tidak bisa bertahan untuk tetap meneruskan perjalanan di jembatan tersebut. Anak-anak justru memanfaatkan jatuhnya mereka di danau dengan berenang-renang. Hadehhh dasarr bocah… seruuuuuu…

                                 (V- Bridge)
Next…kami menuju permainan ketiga yaitu Flying Fox  yeayy… satu-persatu teman-teman diterbangkan dengan lincah di atas danau tempat kami bermain tadi, wowww serunya bisa bergembira ria dengan anak-anak meskipun bagiku Flying Fox ini belum seberapa karena memang ini didesain untuk anak-anak but just so so… its nice game.

                                        (Flying Fox)
Setelah kelompok kami berkumpul semua, kami melanjutkan permainan keempat yaitu Motor Cross dan Off Road… tentu ini menjadi permainan menarik bagi kami. Kami semua dipersilakan untuk mencoba fasilitas permainan yang disediakan. Btw yukkk Off Road, aku bergabung dengan kelompok Bu Ida, Ini adalah pengalaman pertamaku naik mobil Off Road yang MasyaAllah….. medannya meski tidak banyak tapi di posisi-posisi tertentu bikin jantung tetiba lemas karena takut gabisa jalan, apalagi harus menahan badan sendiri dengan menopang pada besi mobil yang luar biasa sakitnya. Ampunnnn… sampai  Bu Ida terlihat lemass setelahnya.. luar biasaaa.



Sementara untuk Motor Cross hanya anak-anak saja yang mengendarai bersama dengan instrukturnya karena mau tidak mau harus berpegangan pinggang dengan si instruktur, tentu kami para pendamping tidak bersedia, kakak kelas muslimah juga sama. Tetapi keseruan tetap dirasakan oleh anak-anak.



Wooww…rasanya perut sudah mulai lapar dehh, salah satu fasilitas dari Pelita Village adalah tersedianya minuman jamu tradisional dan makanan snack berupa semangkuk bakso. Wahh sangat menggiurkan. Sebelumnya kami diberikan informasi mengenai bahan-bahan membuat jamu tradisional oleh mbok-mbok sang ahli perjamuan. Hahaha. Setelah itu kami diperkenankan untuk mencoba segelas jamu yang sangat segar menurut aku.
Lanjut yukkk… kami berbaris rapi untuk makan bakso yang kuahnya masih mengepul. Aku bersama dengan guru pendamping mengambil tempat pinggir sungai untuk menikmati semangkuk bakso yang lezattt…

Setelah puas menikmati semangkuk bakso kami menuju danau berikutnya untuk berbasah-basahan ria kembali. Kali ini kami akan bermain Tarik Pipa yang dilakukan oleh dua regu. Yeayyy kelompokku menangg.. lalu permainan dilanjutkan dengan Hand Boat  yang isinya dikendarai oleh masing-masing pendamping. Nahh aku mendapat satu boat untuk dinaiki yang kemudian didorong oleh teamku dibantu dengan tanganku sendiri ketika menjalankannya. Permainanpun dimulai, jagoan-jagoanku sudah mulai mendorong boat ku.. gemuruh percikan air dan suara terjadi di sana-sini. Akupun berusaha untuk mengendarainya dengan baik namun kapal oleng kapten. Hahaha. Aku jatuh tersungkur bersama dengan boat yang didorong oleh jagoan-jagoanku tadi. Kami semua basah hingga kedalam-dalam.hihi 



                                (Hand Boat

       Fuihhh…lelahnyaaa… Bu Ida mengajak aku untuk menepi sebentar sambil melihat anak-anak melanjutkan permainan Tower Champion  yaitu menyusun rangka hingga bertuliskan champion. Tidak berhenti sampai di sini, permainan selanjutnya masih di danau yang sama yaitu Berang-berang, jadi masing-masing kelompok menunjuk ketua sebagai Berang-berang yang bermain dengan bola yang disundul dengan kepalanya hingga garis finish. Berlanjut ke permainan Goyang Rodeo yang lebih mirip seperti lumba-lumba yang sedang melewati hulahup dan permainan akhir di sesi ini adalah Monkey Bridge yaitu melewati jembatan sambil bergelantung dengan mengandalkan kekuatan tangan. Meskipun tidak semua mampu dan lebih memilih menceburkan diri di danau namun keseruan tetap menjadi tranding topic kali ini.

                                      (Tower Champion)


                                                      (Berang-berang)


                            (Monkey Bridge)

Fuihhhh…setelah berbasah-basahan ria, kami menuju kamar mandi untuk membersihkan diri dan melanjutkan kegiatan dengan makan siang yang disediakan oleh Pelita Village kemudian sholat zuhur.
Alhamdulillah…. Seruuu banget dehh pokoknya temans.. sebagai informasi seluruh permainan dan fasilitas yang kami rasakan adalah satu rangkaian dalam paket standar dengan harga Rp. 125.000,- /siswa dan Rp. 100.000,-/guru. Dengan nominal tersebut kami sudah bisa mendapatkan semua fasilitas permainan yang sangat menyenangkan, bahkan untuk makanan siang yang tidak habis pun dikembalikan ke kami sebagai hak pengunjung.
Terimakasih ya kakak-kakak instruktur.
Sebelum pulang teman-teman mendapat souvenir pula berupa ikan kecil dari Pelita Village. Hehehe. Bapak Ibu guru pun tidak ketinggalan, kami membawa Buah kelapa muda segar yang siap untuk diminum serta oleh-oleh hasil bumi berupa umbi-umbian dan emping. Wahh terimakasih yahh…



Sampai jumpa kembali teman-teman…
Selamat beristirahat…

Wednesday, March 23rd 2016


Tidak ada komentar:

Posting Komentar