Tes

Minggu, 08 Mei 2016

Tracking Pramuka MI Istiqlal Jakarta Gudep 05-141 dan 05-142 // Disiplin, Berani dan Setia ^0^




Bangga itu jadi anak Pramuka!
Yapz kata pertama yang keluar dari ide pembuatan project tracking pramuka yang diketuai oleh aku sendiri. kegiatan ini merupakan kali kedua dalam pelaksanaannya, aku sebagai penanggungjawab kegiatan di bulan Maret bersama dengan Ibu Yulisa mencoba membuat satu sajian kegiatan yang berbeda dari tahun sebelumnya, jika tahun kemarin tracking pramuka diadakan di lingkungan Masjid Istiqlal, maka tahun ini kami mencoba untuk mengadakan di lingkungan taman Lapangan Banteng Jakarta Pusat tepat di  depan Masjid Istiqlal.
Satu bulan sebelum kegiatan, aku ditemani oleh bu woro mengunjungi taman Lapangan Banteng untuk survey lokasi sekaligus menanyakan prosedur perizinan tempat untuk kegiatan kepada pengelola taman dan ternyata kami mendapat informasi bahwa untuk mendapat izin penggunaan taman kami harus melayangkan surat ke Walikota Jakarta Pusat untuk kemudian diteruskan ke Dinas Pertamanan wilayah Jakarta Pusat.





Selepas survey lokasi atau lebih mirip hunting foto, hahaha. Aku dan bu woro menuju kantin pos Jakarta untuk sekedar melepas lelah dan menikmati es campur langganan yang ternyata lebih nikmat dimakan di tempatnya langsung, didukung dengan cuaca luar yang sedang terik. Segarnyaaa....

Btw mungkin kami tidak cukup beruntung, kami sudah berupaya untuk memberi nuansa segar untuk kegiatan tracking kali ini, namun ternyata Kepala Madrasah tidak merestui dan memberikan izin karena beberapa hal, aku mencoba menjawab segala kemungkinan yang bisa terjadi dan cara mengatasinya tetapi aku tidak terlalu kuat untuk mempertahankan pendapat alhasil kegiatan tracking pramuka tahun ini masih di lingkungan Masjid Istiqlal dengan penekanan bahwa kami harus mengenal seluk beluk lingkungan Masjid Istiqlal.
Rabu pagi kami segenap panitia kegiatan sudah bersiap-siap, sempat breafing terlebih dahulu karena keperluan penggalang belum semua terdistribusi dari seksi perlengkapan. Aku bertugas mengkondisikan anak-anak di koridor Madrasah sebelum mempersilakan mereka keluar ke Pintu Assalam untuk melaksanakan Upacara Pembukaan.
Jam 08.00 WIB setelah kegiatan MI Menghafal dipagi hari, anak-anak menuju Pintu Assalam untuk mengikuti upacara pembukaan yang langsung dipimpin oleh Yanda Abi Sofyan dengan simbolis pemotongan buah kelapa muda. Sorak sorai bergemuruh dan upacara ini diakhiri dengan menyanyikan lagu hymne pramuka.










Kegiatan tracking pramuka tahun ini dibagi menjadi 3 pos dengan mengambil tema Dispilin, Berani dan Setia yang merupakan sila ke 8 dalam Dasa Darma Pramuka.
Tracking posko 1 (Disiplin)
Siaga : PBB, Menghafal Pancasila, Menempel sila Pancasila dan lambangnya
Penggalang : PBB, Sandi, Teka-teki
Tracking posko 2 (Berani)
Siaga : Menghafal janji siswa, Memindahkan bola pingpong plastik dari jaring buatan dalam ember
Penggalang : Melatih pancaindera, Meraba (Binatang), Membau (Bumbu dapur), Merasa (Rasa makanan)
Tracking posko 3 (Setia)
Siaga :Games mengumpulkan benda-benda sejenis
Penggalang : Games
Setiap Pos sudah ada penanggungjawab masing-masing, Bunda dan Yanda sangat bertanggungjawab melaksanakan tugasnya masing-masing, keseruan terjadi di sana sini, kelucuan pun kerap terjadi di Pos 3 pada saat game yang mengharuskan mereka untuk berbasah-basahan ria ditemani dengan binatang-binatang air seperti ikan dan belut yang menjadi tantangan pada game ini. Hahaha.
Keseruan jelas tergambar dan dirasakan oleh teman-teman meskipun tidak menutup kemungkinan insiden terjadi saat regu sedang menunggu giliran ketika jalan ke Pos, itu dialami oleh Ezy (Peserta didik kelas IV) yang terlibat masalah dengan kakak kelas IV, Kak Rosta dan Aku mencoba melerai mereka dan setelah beberapa waktu akhirnya mereka bisa bergabung kembali untuk mengikuti kegiatan.

















Alhamdulillah acara selesai menjelang Zuhur, kami kembali ke Madrasah untuk membersihkan diri dan makan siang. Oh iya ada hadiah menarik loh untuk para pemenang lomba tracking dan pastinya ada hadiah favorit untuk semua regu. Thanks ya Umi Rien dan Rizki yang udah jadi seksi hadiah dan menyiapkan segalanya, terimakasih untuk semua Bunda dan Yanda yang telah bertugas dengan baik.
Dalam setiap kegiatan tentu tidak ada yang sempurna, sebagai ketua panitia aku mohon maaf yang sebesar-besarnya kepada semua pihak yang merasa kurang nyaman dengan segala hal yang sempat terjadi, especially untuk bu woro sahabat aku, maaf atas segala kekhilafan ya bu dan komunikasi yang belum terlalu efektif....
Semoga ini menjadi pengalaman yang berharga untukku dan kita semua ya teman-teman.
KAMI JADI PANDUMU!

Wednesday, March 16th 2016

Tidak ada komentar:

Posting Komentar