Tes

Rabu, 27 Juli 2016

Pengawas Ujian US/M BD 2016 di MIN 02 Johar Baru, Jakarta-Pusat



Kesempatan emas meraih pengalaman menjalankan tugas negara yaitu menjadi pengawas ujian adalah amanah yang diberikan kepadaku tahun ini. Tahun ini ujian nasional yang dimaksud adalah US/M BD (Ujian Sekolah /Madrasah Berstandar Daerah) untuk tingkatan sekolah SD/MI.
Dari MI Istiqlal terpilih 4 guru yang ditugaskan di MIN 02 Johar Baru yaitu Aku, Mamah Ida, Bu Diana dan Fia. Beberapa hari sebelum ujian dimulai kami sudah diberikan pembekalan untuk menjadi pengawas, ini terkait dengan tanggung jawab yang harus diemban oleh setiap pengawas ujian dan satu hari sebelum ujian dimulaipun kami sempat survey lokasi sekolah yang bertempat di Jl. Johar baru Jakarta Pusat.

             Hari pertama :
Kami berempat mengawali dan mengakhiri hari tetap di Madrasah Istiqlal sekaligus finger print. Kemudian menuju MIN 02 Johar Baru, aku berangkat bersama dengan Bu Diana sedangkan Mamah Ida dan Fia berangkat berdua. Sempat tidak enak sih karena aku hanya bisa berbarengan dengan satu orang tapi gpp lahh yang penting sudah sama-sama didiskusikan.
Ternyata kami termasuk guru yang pertama hadir di sekolah tersebut, wahhh prestasi bagus di hari pertama. Yeahh.... mungkin karena aku dan Bu Diana ditugaskan di sekolah MI Jakarta Pusat yang merupakan sekolah swasta  dan masih menumpang ujian di MIN 02 Johar Baru, tentu muridnya tidak banyak hanya kurang lebih 10 murid. Karena hanya satu kelas maka yang mengawas hanya butuh dua guru, jadilah Aku dan Bu Diana selama tiga hari mengawas di kelas tersebut.
Mungkin moment ini menjadi kesempatan aku untuk lebih terbuka dalam menilai seseorang, selama ini aku tidak terlalu dekat dengan Bu Diana tetapi melalui kegiatan ini aku jadi lebih mengenal beliau dari sisi kebaikannya.
Alhamdulillah...hari pertama mengawas berjalan dengan lancar, sebelumnya kami sudah menetapkan peraturan dan pijakan kepada anak-anak sehingga merekapun mengerti dengan tata tertib ujian. Aku sangat menikmati tugas ini sehingga Aku berusaha agar segalanya dimudahkan dan tidak ada kesalahan apapun. Mungkin durasi waktu 120 menit untuk satu mata pelajaran terdengar membosankan bila kita menjadi pengawas tapi bagiku tidak karena disela-sela mengawas Aku dan Bu Diana sempat bercerita sedikit tentang pengalaman kehidupannya yang menurutku ini adalah pelajaran berharga bagiku. Terlepas dari itu semua kami dapat menjalankan amanah hari ini dengan lancar.



             Hari Kedua :
 Aku berangkat menuju MIN 02 Johar Baru bersama Bu Diana dari Masid Istiqlal. Ini adalah hari kedua pelaksanaan ujian. Alhamdulillah kami datang diawal waktu. Tepat jam 08:00 WIB dimulainya waktu ujian. Memandang anak-anak ini mengingatkan aku saat sekolah dahulu di MIN Duren Sawit, dengan meja dan kursi kayu kami belajar bersama dengan teman-teman yang sederhana, indahhh bangett mengingat itu semua.
Alhamdulillah ujian hari kedua berjalan lancar. Kamipun kembali lagi ke Madrasah Istiqlal.


           
             Hari Ketiga :
Hari terakhir mengemban amanah yang mengasyikkan ini. Hari ini kami sepakat mengenakan batik Madrasah meskipun pada akhirnya Mamah Ida memilih warna yang berbeda. hehe..
Ujian hari terakhir berjalan dengan lancar, dipertengahan ujian tas anak-anak sempat diperiksa oleh Bapak Guru karena dikhawatirkan membawa spidol untuk coret-coretan. Hemmm... kewaspadaan yang cukup bagus, mengingat banyak sekali anak-anak sekolah yang memanfaatkan moment terakhir ujian dengan moncorat-coret bajunya tanpa terkecuali anak SD/MI.
Alhamdulillah tugas kami selesai...
Semoga ini menjadi pengalaman yang berharga buatku, terimakasih Mamah Ida dan Fia kemudian partner mengawasku Bu Diana yang sudah berbagi cerita, pengalaman dan pelajaran hidup buat aku. semoga segalanya bermanfaat untukku. Aamiin...

Monday - Wednesday, May 16-18th  2016

Tidak ada komentar:

Posting Komentar