Tes

Selasa, 06 November 2018

Camp Scout // Perkajum (Perkemahan Kamis Jumat) di KM Zero Resort, Sentul by MI Istiqlal



Selamat pagi duniaaaaa…
Yeayy…. Mengulang dua tahun yang lalu dalam moment indah Perkajum (Perkemahan Kamis Jumat) yang kali ini dilaksanakan di KM Zero Resort, Sentul. Wihh jauhh yak. Hehehe
Pagi yang sibuk, aq sungguh tergesa-gesa karena pagi harinya baru menyiapkan keperluan yang mesti dibawa alhasil aq hampir telat mengikuti apel pagi sebelum keberangkatan.
Lapangan pintu As-Salam pagi ini terlihat begitu padat karena mobil-mobil pribadi yang malang melintang di sana-sini, maklum Madrasah sedang punya hajat, bersabar aja kalau situasinya seperti ini. Alhamdulillah apel pagipun dibuka oleh Ketua Umum Yayasan Istiqlal Indonesia (YII) yaitu Bapak H. Rusli Effendi, S.Pd.I, SE, M.Si. sekaligus pembukaan kegiatan Perkajum dengan ditandai pemotongan tunas kelapa.
Pukul 07.30 WIB Bus kami bergerak menuju KM Zero Resort, Sentul. Kali ini aq bergabung di Bus kelas 1 bersama dengan teteh, yeayy seru aja jadi ada temen ngobrolnya, anak-anak juga menyenangkan, karena fasilitas di Bus itu ada TV nya, kami kerap berkaraoke ria tentunya aq pilihkan lagu-lagu yang tetap bernuansa Islami donk.
Kurang lebih selama 2 jam perjalanan, akhirnya kami tiba di KM Zero Resort. Kamipun langsung sibuk dengan tugas masing-masing. Aq bertanggung jawab di barisan Siaga. Mereka dikumpulkan di sebuah lapangan, kemudian disampaikan informasi serta peraturan, dibagikan kaos Perkajum kemudian menuju kamar penginapan yang sudah ditentukan.
Untuk anak-anak Siaga mereka menempati kamar bambu yang cukup nyaman. Wahh senangnya… siang ini sungguh terik, sambil merapikan semua perlengkapan, anak-anak diminta untuk mengganti baju dan menikmati welcome drink dari resort berupa minuman cokelat dengan satu donat.
Masih dengan jadwal ishoma, ketika masuk waktu Zuhur, kami melaksanakan sholat Zuhur lalu makan siang terlebih dahulu sebelum menempuh kegiatan wide game pramuka.
Pukul 12.30 WIB menjadi awal dimulainya kegiatan wide game pramuka. Wide game kali ini dibagi menjadi 2 kelompok yaitu kelompok Siaga dan Penggalang. Aq sendiri mendapat tugas di kelompok Siaga tepatnya pada permainan memeras air memakai spons. pada permainan di Siaga ini terbagi menjadi 4 Pos :
Pos 1 game Volly balon dengan penjaga pos Bunda Rina, Bunda Erly dan Bunda Ida bertempat di lapangan utama.
Pos 2 game memeras air memakai spons dengan penjaga pos Bunda Eka, Bunda Mila dan Bunda Dina bertempat di lapangan utama.
Pos 3 game melempar bola memakai gayung dengan penjaga pos Bunda Wiwik, Bunda Nunung dan Yanda Rizky bertempat di depan Aula camp bambu
Pos 4 game mengisi air dalam ember  dengan penjaga pos Buda Izzul dan Bunda Diana bertempat di kolam renang.
Start berkumpul dan moving pos oleh Yanda Yoko dan Bunda leli di depan aula camp bambu.







         Selamat bermain teman-teman, keceriaan dan kemeriahan pun terpancar dari setiap wajah anak-anak hingga tanpa sadar saat permainan hampir selesai hujan pun perlahan turun.
         Kami semua menuju tempat yang aman tetapi namanya juga anak-anak bukannya mencari tempat yang aman malahan sengaja bermain becek-becekan di taman dekat tenda, hemm… alhasil baju mereka benar-benar basah dan kotor.
Rupanya hujan yang turun sejak sore tadi awet hingga malam hari, sehingga ada banyak perubahan jadwal acara yang akan dilaksanakan pada malam harinya, lokasi tempat menginappun berubah. Anak-anak yang dirasa penginapannya tidak nyaman dan aman segera dipindahkan ke kamar atas atau gedung permanen untuk menginap. Salut deh buat para panitia yang sejak hujan tadi sudah mulai memikirkan plan B dari sebuah kegiatan.
Perubahan jadwal pun tidak berhenti sampai di sini, tak hanya anak yang berpindah kamar, gurupun banyak yang moving termasuk aq. Semoga aja semua panitia bisa memahami kondisi yang ada.
Btw setelah sholat Maghrib dan Isya berjamaah dengan diiringi kegiatan membaca surat yasin. Selanjutnya adalah makan malam. Alhamdulillah sungguh nikmat lauk makan malam ini yaitu soto ayam yang hangat dan perkedel dengan nasi panas. Tak hanya aq yang merasa lahap memakan tapi anak-anak juga yang lain, mungkin karena memang lapar setelah melaksanakan kegiatan sore tadi yang menguras tenaga.
Nah malam ini awalnya kegiatan kami adalah Api Unggun dan pentas seni di lapangan utama, namun apa mau dikata kalau hujan pun terus turun yang pada akhirnya acara api unggun berubah menjadi lampu senter unggun yang dilaksanakan di Aula yang cukup besar dan nyaman.
Meski terlihat sedikit raut kekecewaan dari sebagai petugas anak-anak tetapi ini menjadi langkah yang terbaik untuk mereka dan juga tidak kurang koq kesyahduan dalam upacara api unggun versi lampu senter. Hehe
Malam ini setelah api unggun versi lampu senter anak-anak diarahkan untuk istirahat dan tidur. Kamipun mencoba untuk istirahat karena di jam 02.00 pagi nanti akan bangun lagi untuk kegiatan jerit malam yang akan dipandu oleh pa Amin dan semua guru.
Tibalah kita diacara jerit malam dengan cuasa yang sangat dinginn, Alhamdulillah hujannya sudah reda namun menyisakan dingin yang luar biasa. Anak-anak diajak seru-seruan sama Bunda Yandanya dalam jerit malam ini hingga ada saja kelucuan yang terjadi di sana-sini saat berjalan dengan menutup mata ke lokasi acara renungan di Aula.
Alhamdulillah setelah sholat tahajud dan melanjutkan subuh berjamaah, anak-anak dipersilakan untuk mandi dan operasi semut.
Pagi ini indahhh  banget meskipun aq mendapati diri sangat mengantuk dan lelah karena tidak tidur sepanjang jerit malam hingga pagi hari. Tapi tetap semangatttt sebentar lagi kegiatan selesaii..



Setelah sarapan pagi, kami bersiap-siap untuk apel penutupan yang di pimpin oleh Ibu Yulisa Kuncarani, S.Pd. nah karena tadi malam anak-anak belum sempat pentas seni alhasil panitia mensiasatinya dengan menampilkan pensi di lapangan sebelum apel dimulai. Namanya juga anak-anak yah, ada aja yel-yel yang mereka buat dengan aneh bin lucu. Haha.
Apel penutupan pun dimulai, anak-anak berbaris rapi. apel penutupan ini sekaligus pengukuhan bagi anak-anak yang naik tingkatan dalam kepramukaan. Selamat ya teman-teman.




Dan akhirnya kegiatan ini ditutup dengan pengumuman pemenang wide game kemarin. Congratz buat tim yang menang, yang kalah jangan putus asa yah, kita bertemu kembali di episode berikutnya. bubyeeeeeee
Thursday-Friday, April 27-28, 2017

Tidak ada komentar:

Posting Komentar