Tes

Selasa, 22 Maret 2016

Kunjungan ke GMF (Garuda Maintenance Facility) Aero Asia. Tanggerang by MI Istiqlal


Welcome February...

Good Luck yahh buat Umi Rien dan Kak Rosta yang menjadi (PJ) Penanggung Jawab kegiatan di Bulan Februari ini.

Berdasarkan hasil survey dan perencanaan sesuai tema yaitu udara, akhirnya Bulan ini kami akan mengunjungi Bengkel Pesawat tepatnya di GMF (Garuda Maintenance Facility) Aero Asia. Bandara Soekarno Hatta Tanggerang.

Dalam kegiatan ini Aku dipercaya untuk menjadi Bendahara. Oke Bismillah... semoga dilancarkan dan tidak ada kekeliruan. Kunjungan kali ini sedikit berbeda dengan biasanya, jika biasanya kami satu sekolah MI Istiqlal bisa langsung pergi dalam 1 kali perjalanan namun ini sebaliknya kami pergi dalam 4 kali perjalanan, masing-masing perjalanan terdiri dari 3 kelas dan jika dikalikan 4 maka menjadi 12 kelas.

Mengapa bisa seperti itu? Ya, karena pihak GMF membolehkan kami untuk mengadakan kunjungan dengan jumlah peserta kurang dari 90 orang. Di samping itu proses trip nya pun akan lebih aman jika pesertanya tidak terlalu banyak jadi dibatasi. Untuk itu kami mengambil waktu menjadi 4 gelombang yaitu tanggal 02, 04, 09 dan 11 Februari 2016. Nah..aku sendiri mendapat tugas di tanggal 04 Februari 2016.

Sebagai Bendahara aku harus menyiapkan hal yang dibutuhkan selama perjalanan dalam 4 gelombang ini. Alhamdulillah semuanya terlaksana dengan baik.

Kamis pagi, 04 Februari 2016. Selepas kegiatan MI Menghafal dan penguatan tata tertib yang disampaikan oleh panitia, kami langsung menuju Bus yang sudah berbaris rapi di lapangan pintu As-Salam. Gelombang kedua ini diikuti oleh peserta didik kelas I A, II A, dan III A.  Kali ini aku menemani di Bus kelas II A. Yeyyy...unyu-unyu gitu dehh meski kadang menjengkelkan karena ulah anak-anak yang luar biasa kreatifnya. Huhuhu

Perjalanan yang menyenangkan... saat melewati Bandara Soekarno Hatta, aku jadi ingat someone. Hemm ^0^ semoga dia selalu dalam lindunganNya. Aamiin. Btw Bus kami terus melaju menuju GMF.

Setibanya kami di GMF, Bapak Ibu guru pendamping dan Pak supir diperkenankan turun terlebih dahulu untuk menyerahkan KTP yang ditukarkan dengan kartu pengunjung. Sementara anak-anak menunggu sejenak di Bus tentunya sudah kami berikan penguatan tata tertib di setiap PJ Bus agar anak-anak tetap aman di dalam Bus.





Setelah mendapat kartu pengunjung, anak-anak baru dipersilakan turun dari Bus menuju ruang pemeriksaan dan masuk satu-persatu lalu berjalan di sekitar area GMF untuk kemudian naik kembali ke dalam Bus yang sudah berputar lebih dahulu melalui pintu yang sudah ditentukan.





Wahhh...perjalanan kami baru dimulai nih!... Tiga Bus kami dikawal dengan motor polisi bandara. Guide yang bertugas dari GMF bernama Kak Ula, kebetulan untuk hari ini ada Kak Citra yang menemani. beliau masuk ke dalam Bus 1 untuk memberikan informasi, karena guide yang bertugas hanya satu dan informasinya disampaikan secara langsung maka PJ setiap Bus dibekali masing-masing HT (Handy Talkie) dan Toa sebagai pengeras suara sehingga anak-anak di dalam Bus 2 dan Bus 3 bisa mendengarkan penjelasan Pak Ula yang berada di Bus 1.




Sebagai informasi pertama kami diperlihatkan oleh sebuah pesawat ukuran besar yang bernama KLM dan tahukah teman-teman bahwa pesawat tersebut adalah pesawat buatan Belanda yang terparkir di Hanggar 1 yang merupakan Hanggar untuk pesawat ukuran besar.


Berlanjut ke Hanggar 2, nah... Hanggar 2 ini diberlakukan untuk pesawat dengan ukuran besar dan kecil. Pertanyaan lucu terlontar dari mulut anak-anak saat melihat hidung pesawat sedang dibongkar “Wah pesawatnya hidungnya pesek” hahaha. Ternyata hidung pesawat tersebut merupakan radar untuk mencari sinyal dalam penerbangannya.
Nah.. teman-teman, kami langsung melewati Hanggar 4 yang merupakan Hanggar terbesar di dunia karena bisa menampung hingga 16 pesawat. Wahhh keren yah. Dan ternyata tidak semua maskapai penerbangan memiliki bengkel pesawat seperti ini loh temans.
Akhirnya setelah berkeliling, kamipun diturunkan di Hanggar 2 untuk langsung melihat mobilisasi para teknisi yang bertugas mengecek pesawat yang ternyata dalam pemeliharaannya itu tidak menunggu sampai pesawat rusak, namun meski tidak rusak pesawat selalu dirawat. Hebattt
Kami diperkenalkan dengan tempat mesin pesawat yang berada di sisi kanan dan sisi kiri, selain itu kami juga mendapat informasi bahwa cara pesawat mengisi bahan bakar avtur adalah dengan cara ada kendaraan khusus yang bertugas untuk mengisi bahan bakar di bagian bawah sayap pesawat.







Ternyata pesawat Indonesia itu bisa kita kenal melalui tanda huruf PK pada badan pesawat loh teman-teman.

Di tengah-tengah perjalanan kami diperlihatkan dengan pesawat garuda dengan tipe lama yang ternyata ini adalah pesawat percobaan bagi teknisi baru yang akan mempelajari tentang mesin pesawat.



Hemmm... buatku ini sangaatt menarik bisa melihat lebih dekat mesin pesawat yang besarrr dengan segala lekukan tubuhnya yang indah. Hahaha

Sebenarnya masih banyak info yang kami dapat, karena dalam setiap gelombang kunjungan memiliki informasi tambahan masing-masing dari guide ataupun joke-joke dari pertanyaan lucu yang terlontar dari mulut anak-anak saat bertanya ke guidenya.  Namun ini sudah cukup menjadi informasi baru dan menarik untuk kami.





Adzan Zuhur berkumandang, kami segera menunaikannya di Masjid GMF. Setelah itu kami masuk ke dalam Bus untuk makan siang dan istirahat lalu kembali ke Madrasah....

Alhamdulillah.... semoga menjadi pengalaman yang menarik ya teman-teman^0^

Tuesday,  February -4th 2016 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar