Tes

Jumat, 11 Maret 2016

MC Lomba Tahfidz “Bulan Syi’ar Maulid 1437 H. Masjid Istiqlal”



Minggu ini bertepatan dengan acara Wisuda Akbar ke 5 Pimpinan Ust. Yusuf  Mansur di Masjid Istiqlal. Di waktu yang sama pula aku mendapatkan amanah untuk menjadi MC (Master of Ceremony) dalam kegiatan Lomba Tahfidz tingkat MI/SD/MD Se-Provinsi DKI Jakarta masih dalam rangkaian acara Bulan Syi’ar Maulid yang diselenggarakan atas kerjasama Kementerian Agama RI dan BPPMI. 

Kegiatan lomba yang dilaksanakan di panggung utama acara tepatnya di depan halaman Pintu Al-Fatah ini menjadi daya tarik dan pusat perhatian pengunjung. Apalagi di moment yang sama yaitu lomba hafalan qur’an, tentu hal ini menjadi tantangan buatku pribadi sebagai MC yang membawakan acara ini. Sehari sebelum aku tampil aku sudah mempersiapkan beberapa kalimat-kalimat indah dan kata-kata kiasan yang akan aku sampaikan nanti ketika menjadi MC sebagai penyempurna penampilan tentunya kalimat-kalimat tersebut berisi tentang pedoman atau nasihat-nasihat qur’an.

Tahun ini aku merekomendasikan guruku lagi menjadi juri Lomba Tahfidz yaitu Teh Hj. Imas Masriyah yang akrab aku panggil “Teteh”. Beliau adalah salah satu guru kesayangan aku sekaligus qari’ah dari Jawa-Barat. Spesial datang ke Jakarta dari Bandung untuk menjadi Juri Lomba Tahfidz. Alhamdulillah… terimakasih teteh sudah berkenan hadir. 

Peserta lomba di tahun ini berjumlah 40 orang dan diambil 6 orang terbaik dalam perlombaan tersebut. 

Selain bertugas sebagai MC Lomba Tahfidz, akupun diberi amanah sebagai pembina dalam mempersiapkan anak-anak yang ikut dalam perlombaan Tahfidz perwakilan dari Madrasah Ibtidaiyah Istiqlal. Dua minggu sebelum acara aku bergegas untuk melatih anak-anak terpilih, menyiapkan kostum dan berkali-kali memberikan keyakinan anak-anak yang akan ikut berlomba bahwa mereka mampu sekaligus mengulang-ulang surat-surat pilihan yang akan dilombakan. Akhirnya terpilihlah 3 anak yang akan ikut berlomba  yaitu Hafidz, Rafi Yahya dan Fatimah.






Subhanallah… acara berjalan sangat khusyuk dan ramai dengan kunjungan jama’ah yang juga menghadiri acara Wisuda Akbar. Anak-anak peserta dari MI Istiqlal pun tampil dengan baik. Beribu ungkapan syukur aku ucapkan karena mereka dengan lancar membacakan surat-surat yang dipilih secara acak. 

Surat yang dilombakan di antaranya adalah QS. Al-Muthaffifin, QS. Al-Insyiqaq, QS. Al-Buruj, QS. At-Tariq, QS. Al-A’la, QS. Al-Ghasyiyah, QS. Al-Fajr dan QS. Al-Balad.  

Dan hasil akhirnya adalah Hafidz dan Fatimah yang mendapat juara Harapan  2 dan harapan 3 sebagai peserta dari MI Istiqlal. Alhamdulillah…. Selamat ya teman-teman. Semoga menjadi prestasi yang baik buat kalian. Menang dan kalah itu adalah bagian dari perjalanan hidup yang terpenting kalian sudah mencoba dan berusaha. InsyaAllah tidak ada yang sia-sia atas usaha kalian.
  

Sunday, November 22nd 2015


Tidak ada komentar:

Posting Komentar