Tes

Kamis, 17 Maret 2016

Perkemahan Paripurna Pramuka Penegak (P4) // Bulan Syi’ar Maulid 1437 H. Masjid Istiqlal



Salam Pramuka !!!

Tahun terakhir pada kepengurusan (Gudep) Gugus Depan 05-141 dan 05-142 (Pramastiq) Pramuka Masjid Istiqlal yang aku ampu bersama dengan Kak Rahman sebagai Ketua Gudep Putra. Meski tahun terakhir kepengurusan bukan berarti terakhir pula kegiatannya justru moment seperti inilah yang selalu kami tunggu-tunggu lengkap dengan segala kemeriahan yang ada nantinya serta kebersamaan dengan teman-teman panitia yang hadirnya hanya satu tahun sekali. terbayang rasa lelah yang akan kami rasakan namun semuanya terkalahkan saat tangis haru dan gembira itu terlukis di wajah para peserta P4 (Perkemahan Paripurna Pramuka Penegak) yang meraih kemenangan.

Jumat sore menjelang Maghrib seperti biasa aku dan Kak Rosta sudah bersiap untuk menginap di Istiqlal mempersiapkan segalanya untuk lomba esok hari. Satu persatu teman-teman Racana UIN pun datang bersama dengan beberapa orang baru yang juga akan membantu tugas kepanitiaan. Duhhh senengnyaaaa…kangennyaaa bisa bertemu mereka. Ada Priska, Anis, Winda, Kak Dafi, Rizki MP, Kak Jaka, Kak Faisal, Kak Joko, Kak Tirta, Kak Rahmat dll. Ada teman baru juga nihh namanya Pocha Hontas. Unik yahh namanya. Hehehe

                                                             with pocha

Btw malam ini kami bergegas menyiapkan administrasi perlombaan, sementara itu panitia yang laki-laki menuju lokasi perkemahan untuk membuat tapak kemah peserta tepatnya halaman lapangan Pintu Ar-Rozak hingga dini hari.


Selamat Pagiiiiiii teman-temann …
Nyanyi dulu yukk:
Rajin terampil dan gembira
Senantiasa Praja Muda Karana
Sopan dan tak kenal rasa sombong
Bersahaja setia suka menolong
Ya ya ya ya itulah Pramuka, Pramuka sejati
Sejati kata dan prilakunya….



Sabtu pagi yang cerah… kami sudah bersiap lengkap dengan atribut kepramukaan yang kami kenakan sebagai panitia untuk menyambut adik-adik peserta lomba P4.
Kegiatan ini diawali dengan Upacara Pembukaan P4 yang langsung dipimpin oleh Sekretaris BPPMI. Gemuruh suara tepuk tangan membahana kala kegiatan dibuka dengan resmi yang ditandai dengan pukulan bedug yang gagah.

Oke…start your day by saying basmallah…. Kompetisi dimulai…
Pada kesempatan ini ada beberapa kegiatan yang dilombakan, di antaranya adalah lomba Tapak kemah, Pionnering, PPGD, KTG (Kreasi Tepat Guna), Semaphore dan Sandi dan berbagai  lomba hiburan yang tergabung dalam pesta rakyat.






Aku bertugas mengawasi seluruh jalannya kegiatan. Hemmm…. Siang ini benar-benar terik namun semangat para peserta P4 tidak pernah surut. Kompetisipun terus melaju hingga menjelang sore. Aku kerap bosan karena ditinggal sejenak oleh Ka Rosta karena dia sedang ada urusan sebentar katanya. Oke… Sore harinya aku berjalan menuju lokasi kegiatan lomba PPGD yang masih penuh dengan peserta, maklum penilaiannya begitu ketat yang digawangi oleh teman-teman dari PMI Ciputat. Di pinggir sungai yang sebetulnya aku lebih nyaman menyebut “kali” hahaha… kami duduk-duduk santai bersama dengan teman-teman Racana UIN… dan seperti biasa aku masih menjadi sasaran “bully” an nya si Rizki MP. Huuuuuuu…. 

Ehh…gak lama kemudian Ka Rosta udah dateng… asikk ada temennya lagi. Hehe… Sore yang teduh ini kami manfaatkan untuk berkeliling ke tenda para peserta. Satu hal yang menjadi catatan kegiatan kami adalah tingkat kewaspadaan yang tinggi terhadap barang-barang milik peserta. Alhamdulillah hingga sore ini belum ada laporan tentang kehilangan barang dari peserta. Tetap waspada ya temanss….

Malampun menyapa dengan ramahnya. Aku mengarahkan teman-teman panitia yang ingin menggunakan Aula 34 untuk acara workshop kepramukaan malam ini. sementara yang lain mengikuti workshop, aku dan Kak Rosta memilih untuk keluar sejenak dari arena perlombaan menuju Kemayoran bersama dengan Pa Agus dan Pa Khairul yang merupakan pegawai Madrasah yang masuk dalam kepanitiaan.
Dengan mengendarai roda empat, kami melaju ke kawasan Kemayoran. Temansss aku baru ini loh…lihat orang-orang makan ketan susu di trotoar tengah-tengah jalan.. hadehh norak ye gue. Hahaha. Pa Khairul nih yang ngajak kesini nihh. Nyobain Ketan Susu yang melegenda di Kemayoran katanya. Benar saja pembelinya membludak dan sangatt ramai…  sajian cemilan malam yang cukup unik. Hehehe


Setelah cukup menyantap ketan susu dan teh poci yang menghangatkan itu. Kamipun bergegas kembali ke Masjid Istiqlal. Hemmm…. Di basecamp panitia sudah ramai dengan teman-teman Racana. Malesinnn dehh.. lagi-lagi gue jadi sasaran empuk si MP buat di “bully” gegara yang lain sibuk “bbm” an sama cowonya sedangkan gue gak! Haha… apalagi setelah dia tahu kalo Kak Rosta sudah sebar undangan dan sebentar lagi akan menikah. Ckckck.. puas banget si MP... Hiiiiiiiiii 
Hoammm….. dini hari masih di basecamp bersama teman-teman, begadangin nilai-nilai peserta yang harus diperiksa dan direkap. Ampunnn dahh… masih bolak balik pula dari basecamp ke Auditorium. Hemmm… ngantuknyaaa,,, lelahnya… tapi sangatttt menyenangkan.

Good Morninggg guysssss!!!!
Indah banget pagi iniii, gak sabar mau lihat gugus depan mana yang unggul nilainya. Pagi ini diawali dengan olahraga bersama lalu dilanjutkan dengan pesta rakyat. Akupun dan teman-teman menyiapkan segala hal yang dibutuhkan untuk acara penutupan sekaligus pengumuman pemenang lomba P4 pada siang nanti.







Tepat jam 12.30 wib kami sudah siap menyampaikan pengumuman pemenang sekaligus Upacara Penutupan. Tibalah pada acara pengumuman pemenang. Satu persatu pemenang lomba dibacakan oleh panitia. Tepuk tangan bergemuruh disetiap sudut barisan hingga juara umum pun dibacakan. Deg-degan dehh… bikin terharu aja padahal belum dibacakan tapi ada regu yang sudah terdengar tangis harunya. Benar saja tahun ini juara umum diraih oleh Pramuka Gugus Depan MAN 11 Jakarta. wahhh sekolahnya si Badru tuhh… keren…keren… uhhhhh bikin haru dehhh mereka, jadi pengen nangissss…. Selamat ya adik-adik atas kemenangannya.




Juara umum berhak mendapatkan Trophy, Piagam penghargaan dan Uang pembinaan sebesar Rp. 2.000.000,- semoga bermanfaat yahh… 
Oh iya aku dapat slayer kepala milik anak MAN 11 loh dari ketua regu putranya pula. hehehe

Sampai bertemu lagi di P4 tahun depan.
InsyaAllah…
Saturday-Sunday, November 28-29th 2015

Tidak ada komentar:

Posting Komentar